Apakah Anda Diterima Lingkungan???


          Bagaimanapun, Anda lebih mudah mengaktualisasikan diri jika diterima baik oleh lingkungan kerja. Sedih rasanya jika lingkungan kerja tidak menerima keberadaan Anda, Anda bagaikan bekerja di tengah suku terasing.


Mau tau nggak tanda-tanda atau ciri-ciri bahwa Anda kurang atau bahkan tidak diterima di lingkungan kerja? Nah, sebelum terjadi pada diri Anda, coba simak tanda-tandanya:

* Orang-orang enggan membalas senyum dan sapaan Anda
Bagaimana perasaan Anda jika Anda sudah mencoba tersenyum seramah mungkin tetapi orang yang Anda senyumi hanya menanggapi dengan dingin? Pasti menyakitkan bukan..? Apalagi bila sapaan Anda hanya dianggap ‘angin lalu’.

* Nggak ada yang bersemangat melakukan kegiatan bersama Anda
Hal satu ini merupakan ciri-ciri yang paling jelas bahwa Anda tidak diterima oleh lingkungan kerja Anda. Kalau mereka terkesan ogah-ogahan bekerjasama dengan Anda, Anda harus segera tanggap bahwa Anda kurang diterima oleh mereka. Seandainya pun mereka mau melakukannya, mereka terkesan sangat terpaksa.

* Basa-basi mereka pada Anda terlihat berlebihan
Jika basa-basi yang mereka lontarkan pada Anda terkesan berlebihan, hati-hati! Jangan menganggap bahwa basa-basi yang kelewatan itu sebagai pertanda baik. Justru sebaliknya, basa-basi yang berlebihan merupakan pertanda bahwa sebenarnya mereka menganggap Anda tidak perlu dilibatkan dalam lingkungan mereka.

* Anda dilewatkan dalam kegiatan yang dilakukan bersama
Jika rekan-rekan di kantor tidak pernah mengajak Anda makan bersama, ngobrol, ataupun kegiatan lain yang kerap dilakukan bersama, merupakan pertanda bahwa mereka merasa tidak nyaman bersama Anda.

* Banyak hal yang dirahasiakan pada Anda
Jika mereka sedang bicara dan ngobrol tetapi kemudian terdiam saat Anda lewat, merupakan tanda bahwa Anda kurang diterima oleh mereka. Mereka tidak ingin pembicaraannya terdengar oleh Anda, sekalipun itu bukan sesuatu yang amat rahasia.

Nah, sudahkah Anda diterima lingkungan Anda? Kalau Anda merasakan tanda-tanda di atas, jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa merekalah yang salah. Kalau hampir semua orang bersikap demikian pada Anda, mungkin Andalah yang harus introspeksi diri. Siapa tahu sikap Anda selama ini sama sekali tidak menyenangkan. Misalnya selama ini Anda terkesan sok tahu, sok pintar atau mungkin juga Anda sering melontarkan komentar dan kata-kata menyakitkan. Ingat, jika Anda ingin diterima oleh lingkungan, Anda harus tampil sebagai pribadi yang bisa menempatkan diri. Tentu Anda sudah tahu caranya bukan?

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

BuyBlogReviews.com

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"