Lebih Baik Berkumur daripada Gosok Gigi


Jangan langsung gosok gigi setelah mengonsumsi minuman bersoda atau minuman yang mengandung asam! Demikian pendapat Mary Hayes, DDS, juru bicara dari The Chicago Dental Society.

Kita semua tahu menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik untuk menjaga gigi kita agar tetap sehat. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata memiliki kebiasaan menyikat gigi setelah meneguk minuman “asam” hanya akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan gigi kita.

Alasannya adalah, kombinasi dari asam minuman bersoda, jus, serta minuman isotonik, dan gerakan “kasar” menyikat akan mengikis email gigi kita. Inilah yang nantinya memicu gigi berlubang. Kandungan asam akan melunakkan email gigi kita sehingga lebih rentan untuk rusak ketika disikat.

Jadi, dibanding mengambil sikat gigi dan odol setiap kali selesai meminum minuman asam, seperti jus, minuman bersoda, atau minuman isotonik, lebih baik biasakan untuk berkumur dengan air putih saja. Cara ini akan membantu kita membersihkan kandungan asam dari gigi kita. Atau, kita bisa juga mengunyah permen karet bebas gula yang dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur untuk menetralisasi asam dalam mulut.

Jika ingin tetap menggosok gigi, tunggulah kira-kira satu jam setelah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung asam. Karena waktu satu jam dinilai cukup bagi asam untuk hilang dan email gigi kita untuk kembali ke kondisi asal.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
sumber: kompas.com

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

BuyBlogReviews.com

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"