Tanda Tanda Shoppaholic


Simak baik-baik dan lihat apakah Anda termasuk salah satunya?

Belanja Impulsif. Ini terjadi jika Anda membeli suatu barang atau jasa tanpa berpikir panjang. Nah, jika keterusan, berakhir jadi belanja kompulsif, yang biasanya terjadi karena ketagihan, tertekan, marah, atau karena bosan.

Beli barang yang tak dibutuhkan. Jika Anda membeli barang hanya karena ingin membeli, bukan karena butuh. Niatnya sepotong, akhirnya keluar toko dengan lebih dari 5 potong pakaian.

Melanggar perjanjian. Bujet yang Anda alokasikan untuk belanja sering kali terlanggar. Dan jangan harap bisa menabung. Membayar tagihan saja sudah sulit!

Diam-diam. Setelah beli sepatu, Anda menaruhnya di balik lemari. Karena ada banyak pasang sepatu yang Anda punya, sudah pasti kalau ketahuan oleh si dia atau Ibu, Anda dimarahi. Apalagi mereka sudah tahu kebiasaan belanja Anda yang berlebihan dan sudah tak terhitung berapa kali Anda bertengkar karena masalah ini. Selain itu, Anda secara rahasia punya beberapa buah kartu kredit. Dulu alasannya untuk “just in case”, namun sekarang itu sudah bukan untuk keadaan darurat lagi. Anda bak tersesat tanpa ada kartu kredit di dompet, karena Anda jarang sekali beli pakai uang tunai.

Pengembalian Barang. Karena merasa bersalah, Anda mencoba untuk mengembalikan barang tersebut. Dan untuk merayakannya, Anda belanja lagi.

Memilih sendiri. Biasanya, seorang shopaholic lebih senang untuk belanja seorang diri. Dengan begitu, ia bisa membeli apapun yang ia mau tanpa ada “suara” lain yang menahan mereka.

Black Out! Betul, tanda-tanda seorang shopaholic adalah lupa kalau ia pernah membeli sesuatu. Ketika bongkar lemari pakaian, menemukan beberapa yang sama sekali belum pernah dipakai, lengkap dengan label harganya. Kadang lupa, “Ini beli di mana, ya?”

Dikejar-kejar. Untuk kasus parahnya, bisa-bisa Anda mengganti nomor ponsel karena sudah terlalu sering dikejar-kejar oleh debt collector karena tak sanggup membayar tagihan kartu kredit, sudah tak terhitung berapa kali mereka datang ke rumah, bahkan “berkunjung” ke kantor.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

BuyBlogReviews.com

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"