7 Langkah Bebas Hutang


Anda terkenal ‘tukang ngutang'? Atau diam-diam anda punya hutang di sana sini? Belum terlambat! Segera ikuti 7 langkah bebas hutang berikut ini:


1. Rencana tertulis

Rencana tertulis merupakan hal yang paling penting. Tulislah semua pengeluaran anda berdasarkan skala kepentingan dan tulislah dengan detail, jangan secara umum. Skala kepentingan sangat membantu untuk memisahkan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan berbicara tentang hal-hal yang harus anda miliki dalam usaha melanjutkan hidup. Contohnya makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Keinginan mulai berbicara tentang kualitas barang yang anda miliki. Mobil baru, baju baru, sofa baru, handphone baru dan lain-lain. Ada lagi yang lebih dari keinginan, yaitu hasrat. Hal ini berbicara tentang memiliki barang-barang yang hanya bisa dibeli jika memiliki cadangan uang yang berlebihan. Contohnya berlian, paket berlibur ke Eropa, dan semacamnya. Tulislah semuanya tanpa ada yang terlewati.

2. Mencukupkan diri

Anda yang sudah berhutang harus berlajar untuk mencukupkan diri dalam segala keadaan. Pikirkan hal-hal yang benar-benar perlu saja. Lakukan semua yang sekiranya dapat dikerjakan sendiri tanpa keluar biaya. Jangan terbiasa dengan pembantu di rumah jika anda masih sanggup memasak, mencuci, menyetrika dan menyapu sendiri. Lakukan dengan senang hati.

3. Berpikir dulu sebelum membeli

Dililit atau tidak dililit oleh hutang, setiap orang harus berpikir sebelum membeli. 
Masukkan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini didalam pikiran anda:
 
Dimana letak barang ini dalam skala kepentingan?

Apakah barang ini harus dibeli sekarang atau dapat ditunda?
 
Apakah nilai barang ini dapat berkurang di kemudian hari?
 
Apakah perawatan barang ini membutuhkan biaya lagi?
 
Apakah barang kebutuhan anda ini merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan saja?

4. Bayar Cash

Berhentilah belanja menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Penggunaan kartu-kartu ini akan membuat anda jauh lebih boros. Bawalah uang secukupnya jika anda pergi berbelanja, sesuai dengan catatan perkiraan harga yang sudah anda buat sebelumnya. Banyak sekali kasus hutang yang disebabkan oleh kartu kredit. Jika ini masalah anda, berhentilah sekarang juga jika tidak ingin terperosok semakin dalam.

5. Ubah aset menjadi modal

Jika anda memiliki asset nganggur yang dapat diubah menjadi alat untuk membayar hutang, segera lakukan. Cara ini efektif untuk dapat secepatnya melunasi hutang-hutang anda. Setelah itu, mulailah ‘hidup baru' dengan prinsip keuangan yang benar.

6. Mulailah dengan apa yang ada

Prinsip ini dianjurkan bagi mereka yang hendak memulai usaha dan berpikir untuk meminjam uang di bank. Selagi mungkin anda tidak meminjam, hindarilah hal tersebut. Jangan berspekulasi dengan hanya memiliki 10% modal usaha dan meminjam 90%nya. Hal ini hanya akan membuka jalan lebar menuju hutang yang berkepanjangan.

7. Menabung

Menabung bukan hanya kebiasaan yang dipaksakan pada anak kecil saja, tetapi harus menjadi kesadaran setiap orang, termasuk mereka yang sedang memiliki banyak hutang. Walaupun hanya Rp.10.000 setiap minggunya atau lebih kecil, tetap lakukan. Sebagian besar orang yang hidup diatas garis kemiskinan punya kebiasaan menabung. Banyak yang gagal menabung karena kecilnya jumlah yang bisa mereka tabung. Padahal jika terus dilakukan, sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

10 ^ KoMenTaR ^:

Ibnunu on 29 Agustus 2010 pukul 18.40 mengatakan...

ada ada aja dah postingannya haha

tian on 20 Oktober 2010 pukul 00.34 mengatakan...

wah, mantap nih, tp tetep aja susah bwt g ngutang, --"
kunjungi blogku yach,, ^^

Putra Azhary on 22 November 2010 pukul 18.41 mengatakan...

hahahaha... lucu.. tapi berguna juga bagi gw

Anonim mengatakan...

sip tuh tipsnya.. bisa diterapin ntar...

khodri on 23 Desember 2010 pukul 05.36 mengatakan...

gmana cara buat blog seperti ini?
tolong saran nya

apasajaboyeh.wordpress.com

rifai on 7 Januari 2011 pukul 10.43 mengatakan...

judulnya menarik tp isinya bagus gan jd sebuah masukan

Unknown on 15 Maret 2011 pukul 09.44 mengatakan...

saya termasuk barisan manusia pengutang. nyindir saya ya.... ha..ha..haa.. btw good post. selain pengutang saya berusaha rajin menabung spt saran nyonya....

obat herbal diare on 24 April 2011 pukul 10.45 mengatakan...

penjelasan yang super sekali,memang hal itu mutlak di lakukan kalau kita ingin segera keluar dari permasalahan itu,dengan disiplin maka semuanya will be allright..

titan on 15 Mei 2011 pukul 14.42 mengatakan...

inpo yang menarik sis bole diterapkan tu

Habibi on 31 Oktober 2011 pukul 19.47 mengatakan...

heeemm... intinya harus apa adanya dulu nii???

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

BuyBlogReviews.com

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"