Cara Sehat Bagi Perempuan Aktif


Sulit rasanya menganut pola hidup sehat jika kita tinggal di kota metropolitan dengan segudang kesibukan. Sekadar duduk dan rileks sejenak bagi sebagian dari kita sudah merupakan kemewahan. Namun kesehatan dapat dijaga sepanjang kita mau berusaha. Tak usah mencari-cari literatur bagaimana menjalani hidup lebih sehat.
Kami sudah merangkumnya untuk Anda:

1. Stop merokok
Merokok adalah salah satu penyebab kematian di Amerika. Jika Anda seorang wanita perokok, risiko terserang penyakit jantung dan kanker akan besar, khususnya jika Anda menggunakan alat kontrasepsi oral. Hati-hati terhadap asap rokok di tempat kerja atau rumah.

2. Kendalikan BB
Selain memiliki tubuh ramping yang sedap dipandang, mempertahankan berat badan (BB) mempunyai manfaat besar terhadap kesehatan. Wanita memiliki kecenderungan peningkatan tekanan darah tinggi jika berat mereka 20 pound atau di atas berat yang direkomendasikan. Selanjutnya, jika Anda terlalu gemuk, terutama di sekitar pinggang, Anda berisiko besar untuk beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke. Hindari terlalu banyak makan karbohidrat, gula dan makanan berlemak.

3. Jaga kadar kolesterol
Kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko terbesar terserang penyakit jantung dan secara tidak langsung meningkatkan risiko stroke. Menurut Persatuan Jantung Amerika Serikat, seorang wanita pada usia 55 tahun kecenderungan kolesterol akan lebih tinggi dibanding pria.

4. Konsumsi sayur
Banyak-banyak konsumsi makanan kaya serat, misalnya sayur dan buah dengan kandungan kolesterol rendah. Beberapa penelitian menegaskan suatu hubungan antara makan sayur-sayuran dengan berkurangnya risiko kanker. Fokus pada bermacam-macam sayuran segar seperti sayuran berdaun hijau, labu kuning, wortel, brukoli, tomat, bawang putih dan bawang bakung, tak usah picky. Semua ini akan baik untuk Anda.

5. Kurangi lemak
Rekomendasi pengaturan diet adalah untuk menurunkan jumlah lemak yang ada sampai 30% dari kalori. Sumber lemak adalah keju atau margarin, minyak goreng, daging dan semua produk-produk susu. Jika Anda memakai minyak, pakailah minyak zaitun. Jangan sama sekali menghindari lemak, karena zat ini dibutuhkan tubuh.

6. Istirahat
Sangat penting bagi tubuh untuk rileks. Anda dapat melakukan beberapa cara seperti meditasi, bernapas yang panjang, jalan kaki atau bahkan hanya sekadar membaca buku yang disukai.

7. Olahraga
Olahraga dapat menolong Anda hidup lebih sehat, dan bahkan hidup Anda akan lebih produktif. Penelitian baru-baru ini mengindikasikan bahwa perubahan yang sederhana dalam rutinitas hidup Anda sehari-hari akan menguntungkan untuk kesehatan. cobalah parkir mobil Anda agak jauh dan berjalanlah menuju ruangan, naik tangga lebih baik ketimbang bergantung pada lift. Usahakan untuk selalu bergerak.

8. Tes pap smear secara teratur
Tes ini akan mendeteksi perubahan pra kanker leher rahim pada tahap awal. Terapi awal pada kondisi ini akan mencegah penyebaran kanker lebih jauh.

9. Cek tekanan darah
Makin tinggi tekanan darah Anda, semakin tinggi pula risiko terserang penyakit jantung. Konsultasilah dengan dokter Anda untuk membicarakan langkah yang harus diambil untuk tetap menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat.

10. Cek payudara secara teratur
Temui dokter kandungan Anda, tanyakan padanya kapan Anda memulai mammogram secara teratur. Deteksi awal merupakan upaya pencegahan yang disarankan. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati kan?

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

BuyBlogReviews.com

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"