BeRSiH=HaRuM + cAntIK


Selama masa puber, di dalam tubuh kita terjadi berbagai perubahan. Tidak semua perubahan itu membuat kita makin ok, malah ada yang sebaliknya. Seperti; di usia remaja, kulit tubuh dan kulit kepala menjadi lebih sering berminyak; atau setiap hari terlihat bulu-bulu di bagian tubuh tertentu bertambah panjang; atau berkeringat dan mudah berbau badan. Tenaaaaang, lakukan perawatan tepat berikut ini.



Rambut & Kulit Kepala

Kamu tentu ngeh banget kan, kalo saat ini rambut jadi lebih cepet lepek dan kulit kepala sering lengket. Kondisi ini umum banget dialami remaja. Hal ini disebabkan, setiap helai rambut punya kelenjar minyak (sebaceous gland) yang berfungsi membuat rambut terlihat bercahaya dan waterproof. Tapi di usia remaja, kelenjar minyak berproduksi lebih, hingga rambut terlihat berminyak dan lengket.

Perawatan:

o Keramas setiap hari atau setidaknya dua hari sekali untuk mencegah pengumpulan minyak pada rambut dan kulit kepala.
o Gunakan air hangat dan sedikit sampo untuk meluruhkan minyak dari rambut dan kulit kepala. Jika sangat berminyak, gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak.
o Jangan menggosok terlalu keras saat keramas. Cara menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan merusak rambut.
o Bilas hingga bersih, dan usapkan pelembap secukupnya.
o Jika kamu menggunakan produk penataan rambut, pilihlah produk yang di kemasannya tertera “greaseless” atau “oil free”

Kulit tubuh

Gangguan yang paling kerasa sehubungan dengan kulit adalah keringat. Sebenarnya sebelum berusia remaja, kelenjar keringat telah aktif bekerja. Tetapi pada masa remaja, kelenjar keringat memroduksi sejenis hormon yang beraroma menusuk, dilepaskan bersamaan dengan keringat. Hormon inilah yang menyebabkan tubuhmu memiliki aroma khas, dan cenderung mengganggu.

Perawatan:

o Cara terbaik untuk merawat kulit tubuh adlah mandi setiap hari, pagi dan sore dengan sabun. Sabun bersifat alkalis dan dapat mematikan bakteri kulit yang dapat memperburuk bau badan.
o Keringkan tubuh secara seksama dengan handuk setiap kali habis mandi, atau setelah berkeringat hebat.
o Ganti baju, baju dalam, dan kaus kaki setiap hari. Jika kamu cenderung berkeringat, pilihlah bahan baju yang terbuat dari katun atau bahan lain yang menyerap keringat.
o Bagian tubuh yang seringkali beraroma tak sedap adalah ketiak. Untuk mengatasi aroma di bagian tubuh ini, kamu bisa menggunakan deodoran.
o Area vagina juga bisa beraroma. Di sekitar vagina banyak lipatan kulit sehingga tingkat kelembap-annya cenderung tinggi. Cara paling tepat membersihkan area ini, adalah membilasnya dengan air bersih setelah berkemih, dan gerakan yang dilakukan adalah dari arah depan ke belakang, untuk mencegah perpindahan bakteri dari sistem pembuangan.

Bulu tubuh

Di usia remaja di seluruh tubuh kita mulai tumbuh bulu, dan pada bagian tubuh tertentu seperti ketiak atau tulang pubis, terlihat semakin nyata. Sebaiknya bulu-bulu tubuh ini diperhatikan karena jika dibiarkan menebal dapat memicu kondisi yang mengganggu kesehatan kulit.

Perawatan:

o Bulu di ketiak sebaiknya dibersihkan selalu. Cara yang disarankan adalah menggunakan alat cukur. Berhati-hatilah saat melakukannya, karena pada bagian tubuh ini terdapat banyak lipatan kulit, sehingga mudah terluka
o Jangan merapikan rambut pubis dengan cara mencukur. Karena jika dilakukan, akan terjadi iritasi kulit ketika rambut itu bertumbuh. Kulit di area tersebut akan terasa sangat gatal. Sebaiknya rapikan dengan gunting.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"