Etika Berbusana Ke Gereja


Ketika kita bertandang ke rumah Tuhan, tentu kita menyiapkan jiwa dan raga kita untuk menyambut tubuh dan darah Kristus. Walaupun tentu saja kita lebih mempersiapkan hati kita, tetapi jangan lupakan penampilan busana anda.

“Berpakaian dengan rapi dan sopan” biasanya merupakan saran dari orangtua kepada kita saat masih kecil. Namun, kemajuan zaman rupanya juga memberi dampak negatif kemana-mana, termasuk kepada cara berpakaian kita saat ke gereja.

Kita sering lupa atau malah cuek dalam membedakan penampilan kita saat akan ke geraja dengan saat akan ke pesta, atau mau main ke mall, atau mau piknik atau bahkan mau ke kamar mandi.

Bukan glamour dan penampilan mewah yang dikehendaki ketika kita mengikuti Sakramen Ekaristi. Cukup dengan kebolehan dan keterampilan sederhana, kita menghias diri untuk menginvestasikan keindahan dalam tata rias wajah dan tata busana yang baik, maka kehadiran kita di rumah Tuhan akan membawa sukacita dan kedamaian. Penampilan kita merupakan cermin bagaimana kita menempatkan Tuhan Yesus dalam diri kita.

- Atasan model offshoulder
Biasanya digunakan untuk ke pesta, dan akan kurang sopan apabila dikenakan ke gereja. Apalagi dengan potongan dada yang rendah. Juga tali bra yang seharusnya berfungsi sebagai pakaian dalam, malah ditampilkan sebagai pemanis. Penampilan yang sungguh tidak pada tempatnya.

- Tank Top atau blouse tanpa lengan
Apapun alasan pemakaiannya sangatlah tidak tepat dikenakan ke gereja. Jika tetap akan dikenakan, lebih baik bila dikombinasikan dengan bolero, blazer, cardigan, selendang, atau scarf. Apabila akan menggunakan atasan dengan lubang di punggung dan tanpa lengan, akan jauh lebih sopan jika mengenakan scarf.

- Celana Hipster dengan atasan yang pendek
Apabila duduk akan tampak bagian yang tidak layak dipertontonkan, tentulah sangat tidak sopan. Demikian pula dengan baju tipis yang memamerkan bentuk dan warna dari BH, tidak layak untuk dipertontonkan di gereja.

- Bawahan yang pantas
Rok atau celana yang dipakai disarankan di bawah lutut, atau tidak kurang dari 55 cm diukur dari pinggang.

Janganlah menggunakan baju dengan potongan dada rendah karena akan “mengganggu konsentrasi” orang lain.

Secara keseluruhan penampilan ini bisa dipertanyakan, apakah mau piknik atau mau ke gereja? Jelas, celana pendek, celana selutut dan topi lebih baik dikenakan disaat anda pergi piknik. Jangan pula memakai sandal jepit sebab tidak terlihat pantas.

1 ^ KoMenTaR ^:

secangkir teh dan sekerat roti on 12 Mei 2010 04.23 mengatakan...

wah.. salam hangat!

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"