7 Cara Agar Kulit Tidak Kusam Saat Kemarau


Foto: Corbis

MUSIM kemarau tiba. Cuaca yang dingin berubah menjadi panas. Itu adalah hal biasa bagi kita yang hidup di negara beriklim tropis.

Biasanya, pergantian musim kerap membuat banyak persoalan bagi para penghuni alam tropis ini. Salah satu contoh yang paling sering dialami adalah permasalahan kulit. Perubahan suhu dari rendah ke tinggi atau sebaliknya akan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Tak jarang kulitpun menjadi terasa kering dan kusam.

Walaupun penyebab kulit kering dan kusam bukan mutlak karena pergantian musim, setidaknya hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab. Kulit kering atau kusam bisa dicirikan dengan permukaan kulit yang terlihat pecah-pecah dan kasar. Sudah pasti kusamnya kulit karena kurangnya cairan yang bisa melembapkan lapisan kulit.

Terlebih pada saat musim kemarau seperti sekarang. Suhu yang panas akan lebih mudah menstimulasi tubuh untuk mengeluarkan cairan. Lantas bagaimana agar kulit tetap terlihat oke? Berikut beberapa tip yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

Tidak Berendam

Sebisa mungkin Anda tidak merendam tubuh saat cuaca sangat panas. Kalaupun Anda sangat tidak tahan, jangan merendam tubuh terlalu lama. Itupun sebaiknya Anda lakukan dengan air hangat.

Karena wajah adalah bagian tubuh yang paling lama terpapar sinar matahari, usahakan jangan terlalu sering membasuh wajah dengan air. Lakukan sekali saja pada malam hari. Meskipun mandi akan terasa sangat menyegarkan buat Anda, tetap saja Anda hanya dianjurkan mandi sehari dua kali.

Bersihkan Sisa Sabun

Ini yang biasanya kurang diperhatikan. Biasakan Anda mencuci muka di wastafel yang dilengkapi dengan kaca. Sehingga Anda tahu benar apakah wajah sudah bersih atau belum? Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel di wajah Anda. Sisa sabun bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menghindari dehidrasi yang berlebihan pada tubuh Anda, saat kemarau biasakanlah memperbanyak minum air putih. Dehidrasi adalah faktor penyebab terbesar pada kasus kulit kering dan kusam. Selain air putih, jangan lupa juga untuk menambah asupan buah dan sayur-sayuran.

Hindari Paparan AC

Satu lagi, dengan kinerjanya yang hanya memutar balik udara di ruangan, membuat kondisi udara tidak bisa dijamin bersih. Coba perhatikan, pernahkah Anda merasa ruangan terasa dingin tapi terasa kering di kulit? Kondisi seperti itulah yang bisa menyebabkan kulit Anda semakin kering. Memang tidak ada larangan bagi Anda untuk memasuki ruangan ber-AC. Usahakan jangan terlalu lama terpapar di ruangan AC.

Gunakan Pelindung

Kalau Anda harus bersentuhan atau bersinggungan langsung dengan bahan yang bersifat iritan, jangan lupa gunakan sarung tangan atau pelindung lainnya. Misalnya, gunakan sarung tangan saat Anda menyentuh detergen karena kulit Anda sangat sensitif terhadap detergen

Olahraga Rutin

Mungkin ini adalah tip yang paling standar. Tapi percayalah dengan olahraga akan sangat membantu untuk mengatasi kekeringan dan kekusaman pada kulit Anda. Bukan tanpa alasan loh! Dengan olahraga kan berarti aliran darah akan menjadi lancar. Dengan demikian suplai nutrisi kekulit akan terpenuhi.

Gunakan Pelembap

Pastilah Anda wajib menggunakan pelembab kalau tak mau kulit Anda terlihat seperti ribuan hektar lahan yang retak-retak layaknya bongnkahan-bongkahan tanah kering. Oleskan pelembab setelah Anda mandi. Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulit Anda. Cirinya, tidak meninggalkan rasa berminyak saat Anda gunakan.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"