Tips Praktis Usir Bau Rokok


Bau yang ditimbulkan asap rokok bisa menempel di baju, rambut, pakaian, buku, bahkan dinding rumah dalam waktu yang cukup lama.

Cara terbaik untuk menghindarkan seluruh rumah agar tidak tercemari oleh baunya adalah dengan menjauhkan dan menjauhi rokok itu sendiri.

Namun, bagaimana bila hal tersebut tidak mungkin dilakukan?! Bagaimana bila mau tidak mau, Anda harus berhadapan dengan tamu yang merokok, dan Anda segan menyuruh dia merokok di luar? Berikut tips mengusir bau rokok yang melekat di mana saja.

Rumah

Biarkan semua jendela dalam keadaan terbuka saat asap rokok mulai mengepul, agar udara segar bisa masuk dan menyapu semua asap rokok. Ketika bau rokok telah lenyap, maka segera tutup jendela dan siapkan diri untuk melakukan pembersihan.

Gunakan salah satu minyak esensial dengan wewangian favorit Anda, misalnya seperti lemon, lavender, kayu manis, dan lain-lain, dan masukkan dalam diffuser. Segera saja wewangian tersebut akan menyeruak keluar memenuhi ruangan dalam hunian Anda.

Hindari pemakaian dupa atau lilin karena jenis ini hanya bisa menghilangkan bau sementara saja. Anda juga bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk mempercepat penyebaran wewangian dalam rumah.

Apartemen


Tak seperti rumah, apartemen mungkin dibangun dengan jendela dan ventilasi yang terbatas. Oleh karena itu, Anda bisa mengusir pergi bau rokok dengan menyalakan kipas penghisap atau kipas angin biasa.

Setelah bau tertiup keluar, maka mulailah membersihkan bagian dinding lebih dulu. Isi ember dengan air hangat yang dicampur dengan setengah hingga tiga per empat bagian cuka dan seperempat hingga setengah bagian baking soda.

Gunakan sikat halus untuk membasuh dinding, termasuk langit-langit. Alternatif lain bagi dinding adalah dengan mencat ulang.

Lap semua perabot dengan pembersih khusus, termasuk jendela, cermin, meja, dan sebagainya.

Cuci semua bahan yang memungkinkan untuk dicuci, misalnya handuk, pakaian, taplak meja, dan lain-lain yang terkena asap rokok.

Tentu saja, Anda tidak bisa mencuci sofa, kursi, atau semua pakaian dalam lemari, jadi gunakan bahan penyegar untuk mengurangi baunya.

Anda bisa menyebarkan serpihan-serpihan baking soda, arang dalam kantong, irisan bawang, kopi dalam mangkok, atau wewangian dalam diffuser ke seluruh sudut ruangan atau lemari-lemari agar bau rokok hilang. Bersihkan karpet dengan menggunakan vacum cleaner atau bawalah ke laundry.

Mobil


Salah satu cara paling praktis tentunya adalah dengan membawa mobil ke salon mobil untuk dicuci. Jika jok mobil terbuat dari bahan kulit, maka segera basuh dengan lap khusus untuk menghilangkan bau rokok yang mungkin melekat.

Rambut

Yang paling mudah adalah dengan mencucinya alias keramas. Namun, bagaimana bila bau rokok tersebut Anda peroleh saat Anda sedang dalam perjalanan untuk interview kerja?!

Gosokkan potongan lemon atau sedikit air lemon ke rambut dan akar-akarnya. Atau, semprot rambut dengan wewangian khusus rambut. Anda juga bisa menggunakan pelembab rambut yang memiliki aroma khusus untuk menyamarkan baunya.

Jauhi pemakaian parfum karena kandungan bahan kimianya bisa membuat kering. Jauhi produk pewangi rambut yang mengandung alkohol.
Buku

Untuk satu ini ada beberapa cara yang bisa Anda pilih, yaitu dengan memasukkan buku ke dalam kotak yang telah ditaburi baking soda. Pastikan agar serpihan baking sodanya tidak sampai mengenai buku. Tutup kotak dan diamkan selama beberapa hari. Periksa dan ganti baking soda tiap seminggu sekali hingga baunya benar-benar hilang.

Cara lain adalah dengan memasukkan serpihan arang ke dalam kaus kaki bekas dan masukkan ke dalam kantong plastik bersama buku, lalu ikat kantong. Arang akan membantu menetralisir bau rokok yang melekat pada buku. Biarkan kantong tetap tertutup selama 3 hari dan periksa. Ulangi bila bau belum hilang.

Atau, dengan meletakkan kertas wangi di dalam tas bersama buku dan biarkan selama 2 hari, maka buku akan kembali wangi.

Bisa juga dengan memasukkan beberapa genggam serpihan kayu cedar ke dalam plastik bersama buku dan simpan plastik di tempat sejuk lalu cek setelah sehari. Jika bau masih ada maka tutup plastik lagi dan diamkan sehari lagi.

Anda juga bisa melakukannya dengan cara tradisional, yaitu dengan menjemur buku di bawah terik matahari, biarkan selama 3-4 jam dan matahari akan membawa bau itu pergi.
Sesegera mungkin, cuci rambut begitu ada kesempatan.

Pakaian

Tentu saja cara paling mudah adalah dengan mencuci pakaian yang terkena bau rokok. Bila tidak sempat, maka Anda bisa menjemur pakaian di bawah terik sinar matahari.

Atau, bila Anda butuh cepat, maka masukkan baju ke dalam mesin pengering, lalu nyalakan selama beberapa menit. Kipas angin, hair dryer, dan pengering tangan bisa menjadi alternatif lain bila Anda sedang berada di luar rumah.

Segala permukaan benda

Yang dimaksud di sini adalah permukaan karpet, meja, kursi, dan lain-lain yang bisa menjadi tempat asap rokok bersarang.

Gosok dengan pembersih khusus untuk tiap permukaan (lebih baik yang mengandung wewangian) dan bukalah jendela agar udara segar bisa masuk, untuk mengeringkannya. Setelah itu, baru keringkan lagi dengan menggunakan vacum cleaner.

Perabot

Taruh sedikit baking soda di ujung bahan furniture untuk melihat apakah ada reaksi kimia yang terjadi. Jika dalam waktu 5 menit, tidak terjadi apa-apa maka berarti perabot Anda ramah dengan baking soda.

Segera sebarkan baking soda ke sekitar perabot dan biarkan selama beberapa jam sebelum di-vacuum. Baking soda mampu menyerap bau dan membuat perabot menjadi lebih segar dan bebas bau.

Basuh furniture dengan cuka dan biarkan beberapa jam, maka bau cuka akan menghancurkan bau rokok.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"