Tips Mudah Tampil Manis Ketika Marah


Apakah Anda sedang marah, namun tetap tampil manis, kedengarannya sangat sederhana. Namun kebanyakan dari Anda seringkali mengalami hari-hari buruk yang menyebabkan bad mood, bad temper (BeTe) sehingga Anda tidak dapat tampil manis di depan orang-orang sekitar Anda.
 Beberapa Tips berikut ini akan sedikit mengendalikan ‘aura BeTe’ Anda, sehingga tidak menyakiti orang-orang di sekitar Anda:

1. Identifikasi Diri. Bagaimana Anda tahu bahwa hari ini Anda tengah BeTe? Apakah Anda baru saja menendang kucing? Memberikan ‘Jari’ Anda ke pengendara mobil yang lain? Membanting pintu di depan muka tetangga Anda? Atau baru saja meninju seseorang? Jika memang ada satu dari beberapa contoh di atas sesuai dengan kondisi Anda, maka Anda benar-benar mengalami mood yang sangat buruk (rotten mood). Anda harus segera duduk dan biarkan Anda merasakan betapa buruknya mood Anda saat itu.

2. Cari Penyebabnya. Setelah itu, cobalah cari penyebab mengapa mood And sangat buruk hari itu. Seseorang baru saja menabrak mobil Anda dalam perjalanan ke kantor? Cewek Idaman Anda mengacuhkan Anda dan berpaling pada cowok lain? Tagihan Kartu Kredit sampai di meja Anda dan Anda tidak memiliki uang sepeser pun untuk membayar? Atau perusahaan Anda bangkrut dan Anda kehilangan pekerjaan? Semua contoh-contoh tersebut merupakan alas an yang ‘bagus’ untuk membuat Anda mengalami hari yang buruk.

3. Tenangkan Diri. Sediakan beberapa waktu untuk menenangkan diri. Apakah 10 menit sambil menikmati kopi di lounge kantor atau ijin pulang kantor awal untuk menenangkan diri di rumah. Singkatnya, berikan waktu pada Anda untuk menghilangkan tekanan-tekanan yang ada.

4. Tengok Kanan-Kiri. Selanjutnya, cobalah lihat orang-orang di sekeliling Anda. Mereka semua cukup kuat dan tabah dalam menghadapi problem-problem hidupnya. Dan tanyakan pada diri Anda sendiri, Apakah pantas Anda menimpakan rasa BeTe Anda kepada mereka? Sedangkan mereka tidak pernah ‘mengusik’ Anda dengan permasalahan mereka.

5. Ubah Pola Pikir Anda. Tahap selajutnya adalah merubah pola pikir Anda. Setelah mampu merasakan keberadaan mereka di sekililing Anda, tanamkan komitmen pada diri Anda bahwa Anda tidak boleh menyakiti mereka.

6. AIM Process. Aware, Identify dan Modify merupakan langkah dasar mengatasi rasa BeTe Anda. Setelah tahap tersebut, Anda tinggal mencari cara agar Anda bisa menghargai dan bersikap manis pada diri Anda sendiri. Karena dengan Anda mampu menghargai diri Anda, Anda akan dengan mudah menghargai dan bersikap manis pula kepada orang lain.

7. Pesan Orang Bijak : “Lakukan sesuatu pada orang lain, sebagaimana mereka memperlakukan diri Anda”. Jika Anda tidak bisa berbicara dengan manis, lebih baik Anda diam. Jadi, ketika Anda menghadapi hari-hari buruk dan tidak mampu menguasainya dengan cepat, maka sebaiknya Anda segera menghindari ‘orang-orang tak bersalah’ yang ada di sekeliling Anda.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"