Cara Sederhana Lepaskan Ketegangan


      BEKERJA seharian tentunya sangat menguras tenaga. Pikiran jadi letih dan otot-otot jadi tegang. Anda tidak harus pergi ke tempat spa untuk meredakan ketegangan. Selain memanjakan diri dengan pergi ke tempat spa, Anda juga bisa meredakan ketegangan, hanya dengan meluangkan sedikit waktu setiap harinya.

Anda bisa memulainya dengan menyamankan badan.
Pertama, keluarkan ketegangan di dalam tubuh secara perlahan. Duduklah di kursi dengan menyilangkan kedua kaki. Anggaplah pergelangan kaki Anda sebuah pulpen dan gunakanlah untuk menulis huruf alfabet ke kaki lainnya. Ulangi lagi dengan pergelangan kaki yang lain.
meditasi

Selanjutnya, tempatkan ibu jari Anda di ujung alis mata, pada kedua sisi kepala.
Kemudian tariklah ke atas hingga mencapai sudut kepala, hampir mencapai garis rambut. Tekankan ibu jari ke kedua sisi kening. Tahan selama beberapa detik kemudian lepaskan. Ulangi sebanyak 5 kali. Dengan melakukan ini, Anda telah melepaskan emosi stres karena titik tekan berkaitan langsung dengan pusat emosi di otak.

Makan jeruk. Vitamin C membantu mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, makan segenggam penuh kacang juga bisa membantu. Kacang mengandung magnesium dan asam lemak esensial yang membantu meningkatkan mood.

Ubah pernapasan. Berbaringlah dengan ujung-ujung jari dari satu tangan berada diantara tulang dada dan jaringan syaraf-syaraf simpatis yang terletak di belakang lambung dan di depan aorta. Letakkan tangan yang satunya di atas perut. Tariklah napas dalam-dalam melalui hidung, kembungkan perut saat menarik napas, penuhi paru-paru Anda dengan udara. Tahan selama beberapa detik dan buang napas secara perlahan. Ketika oksigen menyegarkan otak Anda, gunakan jari-jari untuk menstimulus area yang pastinya sudah terasa lebih nyaman. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih relaks.

Otak meyakini image yang diterimanya. Jadi, visualisasi kreatif bisa meningkatkan kadar kegembiraan Anda. Bayangkan kalau matahari memancarakan cahaya dan menyinari lengan dan kaki Anda. Benamkan diri Anda dalam sensasinya dan rasakan kegembiraan yang akan masuk merasuki hati Anda.
Selain itu, latihan peregangan berikut juga akan membantu melepaskan ketegangan Anda. Untuk mengintensifkan setiap peregangan, tahanlah setiap posisi selama 20-30 detik dan ulangi setiap latihan hingga 2-3 kali.
  • Secara perlahan tundukkan kepala Anda kemudian angkat dan lihat ke atas. Lihat ke arah dada kemudian angkat dan lihatlah ke arah langit-langit ruangan.
  • Secara perlahan patahkan kepala Anda ke sisi kiri dan kanan seolah-olah Anda ingin menyentuhkan telinga ke bahu, tetapi tetap tahan bahu Anda di bawah.
  • Selanjutnya, putarlah kepala Anda ke kiri dan ke kanan seolah-olah Anda ingin melihat melalui bahu.
  • Eratkan pegangan jari-jari tangan Anda di belakang kepala kemudian tekankan siku Anda ke dinding di belakang Anda.
Lakukan latihan ini paling tidak 2 kali sehari, lihatlah dan rasakan perbedaannya.

0 ^ KoMenTaR ^:

Posting Komentar

Silahkan komentar teman" jika ada kritik maupun saran, terima kasih ya :)

Chat Me ^__^




My ProFiL

Foto saya
Owner Tk. Yhoophii Palembang dan seorang mahasiswi di STIE MDP jurusan Akuntansi ^^

FoLLoW mE^^

SPonSoRed bY:

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez

"